Sssst, Ini Rahasia Nasi Goreng Lezat Ala Pedagang Kaki Lima


Nasi goreng termasuk menu yang paling sering dihidangkan di rumah. Masaknya praktis dan mudah. Rasa yang dihasilkan pun enak. Bumbu yang digunakan pada resep nasi goreng di Indonesia memang istimewa, sehingga namanya pun terkenal hingga manca negara.

Tapi tahukah bunda, memasak nasi goreng juga ada tipsnya supaya enak dan maknyusss. Tidak sembarangan nasi bisa digunakan. Bumbu yang dipakai pun butuh perlakuan lebih. Seperti apa tips rahasianya? Berikut kita ulas satu persatu:

1. Nasi yang dingin dan tidak lembek.

Aturan yang satu ini wajib diikuti. Nasi yang digunakan untuk membuat nasi goreng harus nasi yang dingin dan tidak lembek. Nasi yang masih panas memang cenderung basah dan lembek, sehingga menjadi lengket dan tidak enak ketika digoreng. Beberapa pedagang bahkan memilih menggunakan nasi yang dimasak satu hari sebelumnya. Bunda bisa menyimpan nasi ini di kulkas untuk dimasak keesokan harinya.

2. Wajan yang cukup besar.

Supaya nasi goreng masak merata dan enak. Pedagang dan chef resto biasanya menggunakan wajan yang cukup besar supaya nasi teraduk merata dengan cepat. Nasi goreng membutuhkan wajan yang panas, sehingga jika wajan terlalu keci, dikhawatirkan masakannya tidak merata dan menggumpal.

3. Goreng nasi dengan porsi secukupnya.

Tujuannya adalah supaya nasi bisa bercampur sempurna dengan bumbu. Setiap kali masak, cukup dengan 2-3 porsi saja. Porsi yang terlalu besar membuat bumbu tidak merata dan nasi tidak matang sempurna. Nasi goreng yang dihasilkan pun menjadi tidak enak.

4. Baceman bawang putih.

Nah! Ini salah satu rahasia terbesar untuk membuat nasi goreng yang enak. Apapun bumbu yang digunakan untuk memasak nasi goreng, baceman bawang putih ini harus disertakan dalam pembuatannya. Cara membuat baceman:

  • Bahan: bawang putih 100 gram, kemiri 1 biji, minyak goreng secukupnya.
  • Kupas bawang putih, cuci dan tiriskan sampai benar-benar kering. 
  • Tumbuk kemiri sampai halus, Tumbuk kasar bawang putih.
  • Masukkan bawang dan kemiri ke dalam toples kaca yang ada penutupnya.
  • Tambahkan minyak goreng sampai menutup seluruh bawang putih 
  • Tutup rapat kedap udara. Biarkan sampai berfermentasi minimal 24 jam.
  • Gunakan baceman ini sebagai pengganti bawang putih biasa.
  • Baceman semakin lama akan semakin enak. Tapi usahakan habis dalam waktu 2 minggu. Simpan di suhu ruang selama satu minggu dan di kulkas pada minggu berikutnya.

5. Sajikan dalam kondisi panas.

Nasi goreng adalah masakan yang mengandung cukup banyak minyak. Pastikan nasi goreng dinikmati selagi masih hangat karena makanan berminyak pada umumnya menjadi tidak enak setelah dingin.

Selamat mencoba ya bunda. Kejutkan anggota keluarga dengan menu nasi goreng yang lain dari biasanya dengan tips di atas. :)

2 Responses to "Sssst, Ini Rahasia Nasi Goreng Lezat Ala Pedagang Kaki Lima"

  1. wah .. terima kasih resepnya .. terus apa tidak perlu minyak sayur dan minyak2 lainnya ya ?

    ReplyDelete
  2. Goreng Nasi pake celana dalam Biar enak ??? Reseller dari Pak Kumis ...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel