Resep Kue Putri Salju: Enak, Manis & Mudah Dibuat


Beraneka macam toples berisi kue kering tertata rapi di atas meja ruang tamu saat lebaran, natal atau tahun baru imlek, salah satunya adalah putri salju. Camilan ini mempunyai nama unik padahal bentuknya justru lebih menyerupai bulan sabit, akan tetapi seluruh permukaan diselimuti taburan bubuk gula halus berwarna putih ibarat hujan 'salju' di musim dingin.

Kehadiran kue putri salju seperti tidak tergantikan dalam menyambut datangnya hari raya dan selalu jadi sajian khas untuk menyambut para tamu yang berkunjung ke rumah. Gurih, enak dan dingin merupakan sensasi unik dari camilan manis ini ketika masuk ke mulut, itulah mengapa banyak orang mencarinya.

Kue putri salju mudah dijumpai pada toko kue, toko roti, pasar swalayan dan bahkan toko online. Tak jauh berbeda dengan kue kering khas hari raya, penyajian dalam toples plastik beragam ukuran mulai dari kecil hingga besar. Harga per toples kadang cukup 'memberatkan' dompet, apalagi kalau belinya harus banyak. Mending buat sendiri yuk bun! Meski Lebaran masih jauh, tapi nggak ada salahnya mencoba dulu mulai sekarang, hehe.

Menjajal resep kue putri salju sebenarnya nggak sulit untuk pemasak pemula sekalipun. Adonan terbuat dari campuran kuning telur, mentega, tepung maizena dan tepung terigu yang kemudian dipanggang oven hingga matang lalu ditaburi bubuk gula halus saat kue dingin.

Berikut ini Resep Kue Putri Salju: Enak, Manis & Mudah Dibuat meski mesku buat pemula sekalipun.

Bahan-bahan:
  • 200 gram tepung maizena
  • 200 gram tepung terigu
  • 200 gram mentega
  • 125 gram keju parut
  • 3 butir kuning telur
  • 1/4 sendok teh garam
  • Bubuk gula halus secukupnya

Cara Membuat:

1. Siapkan wadah. Kocok mentega dan kuning telur sampai mengembang.
2. Tambahkan tepung terigu dan maizena ke wadah mentega sambil terus mengaduk hingga tercampur rata.
3. Tambahkan garam dan keju parut, aduk terus hingga adonan siap cetak alias dibentuk.
4. Gunakan cetakan bulan sabit untuk membentuk adonan.
5. Taruh adonan tercetak ke atas loyang yang sudah diolesi margarin supaya tak lengket.
6. Masukkan loyang ke oven bersuhu 160 derajat Celcius. Biarkan terpanggang sekitar 20 menit.
7. Angkat kue setelah panas lalu biarkan dingin untuk ditaburi bubuk gula halus.

Menjajal resep kue putri salju ternyata tak memiliki tingkat kesulitan tertentu. Meskipun demikian, bahan boleh dimodifikasi untuk menghasilkan cita rasa berbeda. Sebagai contoh keju digantikan kacang walnut atau kacang mede, tetapi beberapa orang justru mencampurkan keju dan kacang secara bersamaan. Selain itu adonan kue juga bisa ditambahkan gula sehingga tak hanya mengandalkan garam semata.

Tak selamanya kue putri salju berbentuk menyerupai bulan sabit, ada pula bulat seperti kelereng. Intinya, bentuk boleh bebas asal diselimuti taburan bubuk gula putih yang merupakan ciri khas tak tergantikan. Kue baru matang alias masih panas tak boleh kena bubuk gula yang justru menghancurkan tekstur dan merusak cita rasa. Dinginkan terlebih dahulu baru menaburkan. Simpan ke toples kedap udara agar kue putri salju lebih tahan lama dan gula pun tak lumer.

Selamat mencoba dan menikmati Resep Kue Putri Salju buatan sendiri :)




0 Response to "Resep Kue Putri Salju: Enak, Manis & Mudah Dibuat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel