Resep Chocolate Ogura Cake. Lembuuuttt, Moist, dan Enak di Mulut


Malaysia punya beragam jajanan pasar unik nan lezat yang layak dicicipi ketika berkunjung, salah satunya adalah ogura yang sudah melegenda seantero negeri. Sekilas terdengar seperti nama Jepang, akan tetapi kue ini sebenarnya resep asli "Negeri Jiran" dan ada kisah sedih dibaliknya. Menurut penuturan dan cerita nenek moyang, asal muasal ogura dimulai dari kawasan Batu Pahat, Johor.

Kue ini sengaja dibuat oleh seorang wanita di Batu Pahat untuk mengobati kerinduan terhadap suaminya yang berasal dari Jepang dan bernama Ogura. Wanita itu terus membuat kue dengan telaten walau tak kunjung memperoleh kabar mengenai kondisi sang pujaan hati. Belakangan baru diketahui bahwa suaminya telah tiada alias meninggal dunia.

Bukan cerita sedih atau asal-usul ogura yang membuatnya terkenal, akan tetapi cita rasa lezat tak terlupakan. Jika melihat bentuk dalam sekejap mata, kue ini masuk kelompok "sponge cake". Proses pembuatan mengandalkan steam (au bain marie) demi menghasilkan tekstur super lembut seperti kapas. Saat mencicipi untuk pertama kali, mungkin bakal teringat sosok cotton cake.

Daripada penasaran dan pergi ke Malaysia untuk sekedar mencicipi ogura, kenapa tidak bikin sendiri di rumah. Berikut ini ada Resep Kue Ogura Coklat hasil karya bunda Tintin Rayner yang layak dicoba untuk sekedar mengisi waktu luang. Semua bahan gampang diperoleh dan proses pembuatan mudah diikuti oleh seorang pemasak pemula sekalipun.

Bahan-bahan:
  • 70 gram Susu cair
  • 70 ml Minyak goreng
  • 35 gram Tepung kunci
  • 25 gram Cokelat bubuk kualitas bagus
  • 15 gram Tepung maizena
  • 5 butir Kuning telur
  • 1 sendok teh Essens cokelat
  • 1 butir Telur utuh

Bahan Adonan Putih:
  • 85 gram Gula Pasir
  • 5 butir Putih Telur
  • 1 sendok teh Air jeruk nipis
  • 1/4 sendok teh Garam

Cara Membuat:
  1. Dalam wadah kocok kuning telur dengan telur utuh di susul dengan minyak goreng, susu cair dan essens coklat, kemudian ayak bahan tepung2an tepat di atasnya sambil adonan terus diaduk menggunakan whisk hingga rata dan licin,sisihkan.
  2. Dalam wadah lain, kocok putih telur dengan garam, cream of tar-tar sampai mulai keluar busa, kemudian masukkan gula pasir sedikit-sedikit secara bertahap 3x sambil adonan terus dikocok menggunakan mixer hingga soft peak.
  3. Setelah itu masukkan adonan putih telur tersebut secara bertahap 3x ke dalam adonan pasta nomer 1 tadi, sampai di aduk menggunakan spatula dengan teknik aduk balik hingga rata dan homogen.
  4. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah dialasi dengan kertas roti.
  5. Kemudian panggang di dalam oven dengan suhu 170 derajat selama kurang lebih 45 menit dengan teknik pemanggangan Au Bain Marie (loyang yang berisi adonan dialasi dengan loyang lain, yang ukurannya lebih besar dan di isi air setinggi 1cm).
  6. Sebelum 45 menit berlalu lakukan test dengan ditusuk oleh lidi untuk menguji kematangan, soalnya tiap oven suhunya berbeda-beda.
  7. Setelah matang segera balik, dan lepas kertasnya secara perlahan-lahan bunda ya, agar tidak ada yang gompel.

Jika semua bahan terkumpul lengkap dan mengikuti setiap langkah dalam proses pembuatan, maka menghasilkan tekstur kue yang lembab basah alias moist. Sensasi rasa lembut seperti kapas langsung menyapa lidah ketika mencicipi pertama kali. Dengan begitu tak perlu terbang ke Malaysia untuk sekedar menikmati seporsi ogura lezat, cukup bikin sendiri di rumah.

Sudah mengikuti Resep Kue Ogura Coklat tapi hasilnya mengecewakan? Coba simak kembali bahan dan proses pembuatan, apakah ada poin yang terlewatkan? Jangan pernah mengabaikan teknik memasak steam atau au bain marie. Itu kunci penting untuk menghasilkan tekstur dan kelembaban kue ogura sejati. Adonan memang bisa dimasak dengan teknik lain, tetapi cita rasa jauh berbeda.

Selamat mencoba yaa..! Mudah-mudahan berhasil.
Jangan lupsa sahre resep ini ke teman bunda lainnya. Semoga bermanfaat!

Resep by: Tintin Rayner

4 Responses to "Resep Chocolate Ogura Cake. Lembuuuttt, Moist, dan Enak di Mulut"

  1. Di kasih crram of tar tar juga tidak sis...?

    ReplyDelete
  2. Bantu jawab... kalo sudah ada jeruk nipis ga perlu cream of tart sis

    ReplyDelete
  3. Loyangnya ukuran berapa sist?

    ReplyDelete
  4. Loyangnya ukuran berapa sist?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel