Resep Bolu Nutella Coklat Panggang via Rice Cooker. Gampang Banget!


Tidak sulit membuat kue bolu, apalagi semua bahan gampang diperoleh dan proses pembuatan tergolong singkat. Salah satu alasan kenapa banyak orang malas membuatnya karena harus menyiapkan kompor oven untuk memanggang adonan. Memang butuh waktu lama untuk membersihkan oven, apalagi usai proses pemanggangan selesai. Alasan lain enggan bikin kue bolu akibat tak punya oven.

Tak punya oven bukan halangan untuk tidak membuat kue bolu. Sebenarnya ada cara lain tanpa perlu alat pemanggang. Pernahkah terlintas dalam benak memakai rice cooker? Yup, penanak nasi elektronik itu tergolong serbaguna, selain piawai memasak bubur ternyata bisa dipakai untuk memanggang adonan kue bolu hingga matang sempurna. Bagaimana bisa?

Prosedur memasak kue bolu dengan rice cooker sedikit berbeda dari kompor. Resep perlu diubah sedemikian rupa agar menghasilkan kue dengan tingkat kematangan merata, lembut dan enak. Bahan utama adonan jauh lebih sederhana karena menyesuaikan kondisi dari mesin penanak nasi elektronik. Konon resep ini pun sengaja diciptakan bagi orang yang tak punya waktu untuk bikin kue.

Tertarik mencoba? Ikuti saja resep bolu nutella rice cooker. Sesuai dengan namanya, adonan kue turut serta memakai nutella, yakni selai coklat paling laris manis se-dunia. Adonan pun dipanggang hanya bermodalkan rice cooker, entah itu produk keluaran baru atau lama. Resep di bawah ini sudah mengikuti penyesuaian sehingga tingkat kematangan sama persis seperti panggang via kompor oven.

Bahan-bahan:
  • 200 gram terigu
  • 150 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 3 sendok makan minyak sayur
  • 3 sendok makan Nutella coklat
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh TBM
  • 1 sdt perisa vanili

Cara Membuat:
  1. Masukkan telur, gula, TBM, Nutella ke mixer dengan kecepatan tinggi sampai kental berjejak.
  2. Ayak terigu, baking powder, dan perisa vanili lalu masukan sedikit demi sedikit ke adonan yang tengah berada dalam mixer lalu tambahkan minyak sayur. Aduk rata
  3. Olesi wadah rice cooker dgn mentega, masukan adonan dan tekan tombol masak/cooking. Keluarkan adonan jika sudah berbunyi seperti nasi matang.

Mudah sekali menjajal Resep Bolu Nutella Coklat Panggang via Rice Cooker. Sekarang bikin kue bolu semakin cepat tanpa perlu menyiapkan oven kompor. Lama waktu memasak atau "memanggang" tak jauh berbeda seperti menanak nasi. Jika sudah matang, rice cooker akan berbunyi. Jangan angkat langsung adonan tanpa mengecek kondisinya, apakah matang merata atau belum. Gunakan lidi bersih untuk pengecekan.

Selain memakai selai nutella, bisa juga memakai alternatif merek lain sesuai kegemaran. Apakah boleh memilih rasa selain coklat? Boleh saja, nanti lakukan sedikit penyesuaian agar hasilnya sempurna. Sekedar informasi, TBM merupakan bahan tambahan agar adonan kue berkembang dan stabil. Bentuknya menyerupai jelly dan berwarna kuning. Semua bahan bisa diperoleh via toko kue atau supermarket terdekat.

Selamat mencoba yaa..!
Jangan lupa bagikan resep ini ke teman-teman bunda yang lain. Semoga bermanfaat :)

6 Responses to "Resep Bolu Nutella Coklat Panggang via Rice Cooker. Gampang Banget!"

  1. TBM tuh apaan sih? Yg jelas donk klo kasih resep

    ReplyDelete
  2. Tbm itu sejenus emulsifier atau pengembang mba, kl belum jelas busa googling atau tanya du tiki bahan kue

    ReplyDelete
  3. Mulan Hikarie... pasti loem pernah buat kue yah... tbm ga tau... hehe...

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. TBM bisa di cari di toko bahan kue atau swalayan mbak MULAN HIKARIE

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel