Resep Tumis Bunga Pepaya Enak Tanpa Rasa Pahit Di Lidah


Banyak orang kapok menyantap tumis bunga pepaya usai merasakan sensasi pahit di lidah. Memang benar jika bunga dan daun dari pohon pepaya mengandung khasiat dahsyat bagi kesehatan, akan tetapi butuh suatu "teknik pengolahan tepat" demi cita rasa lezat tak terlupakan. Ada teknik tertentu harus dilakukan sebelum menumis yang bertujuan mengusir rasa pahit sehingga bunga pepaya lebih nyaman dikonsumsi tanpa mengurangi manfaat utama.

Sebagaimana dilansir dari laman Articlesofhealthcare, manfaat bunga pepaya bagi kesehatan yaitu mengatasi maag dan menyehatkan saluran pencernaan. Kandungan antioksidan efektif mengurangi peradangan di perut yang memicu sakit maag. Sementara itu kaya kandungan enzim papain yang mencegah konstipasi dan dorong fungsi pencernaan bekerja lebih baik.

Dengan manfaat luar biasa bagi tubuh, tumis bunga pepaya merupakan hidangan menyehatkan. Lalu, bagaimana membuatnya tanpa rasa pahit? Ada teknik 'rahasia' yang harus dilakukan sebelum memulai Resep Tumis Bunga Pepaya Tanpa Rasa Pahit Di Lidah. Siangi sebentar bunga lalu cuci bersih terlebih dahulu kemudian direbus ke panci berisi air mendidih. Tambahkan air perasan asam jawa dan sedikit garam. Rebus sampai matang alias layu. Angkat kemudian peras air pada bunga hingga kering tak tersisa.

Dengan melakukan teknik tersebut, maka rasa pahit dipastikan tak lagi menyapa lidah. Langkah selanjutnya tinggal menjajal resep tumis bunga pepaya di bawah ini untuk menghasilkan hidangan lezat menggoda selera yang menyehatkan saluran pencernaan.

Resep Tumis Bunga Pepaya Tanpa Rasa Pahit Di Lidah

Bahan-bahan:
  • 75 gram bunga pepaya segar
  • 20 gram ikan teri
  • 5 cm lengkuas
  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 7 buah cabai rawit
  • 2 buah cabai merah besar
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 2 lembar daun jeruk
  • Bubuk kaldu ayam/sapi
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:
  1. Lakukan teknik penghilang rasa pahit sebelum mulai menumis. Usai menyiangi sebentar bunga pepaya, segera cuci bersih lalu rebus ke air mendidih yang sudah dicampur air perasan asam jawa dan sedikit garam. Rebus sampai layu, angkat dan peras hingga kering.
  2. Cincang halus bawang merah dan bawang putih, masukkan ke wajan panas berisi minyak goreng kemudian tumis hingga harum. Tambahkan cabai rawit dan cabai merah besar yang sudah di potong serong.
  3. Masukkan ikan teri, lengkuas yang sudah dimemarkan, daun jeruk, garam dan gula. Aduk merata hingga bumbu meresap.
  4. Masukkan bunga pepaya lalu aduk merata. Tambahkan bubuk kaldu ayam atau sapi secukupnya.
  5. Tambahkan sedikit air agar bumbu meresap baik. Masak sampai matang.
  6. Tuangkan hidangan ke piring saji usai hidangan matang.

Resep tumis bunga pepaya di atas menghasilkan cita rasa gurih yang menggoyang lidah. Makan dijamin semakin lahap karena tak ada sedikitpun rasa pahit. Ikan teri bisa diganti dengan jenis ikan asin apapun. Potong kecil ikan asin sesuai selera, lalu masak seperti langkah di atas agar bumbu meresap sempurna.

Jika ingin resep tumis bunga pepaya tampak lebih hijau dan menggoda selera makan, boleh juga menambahkan potongan daun pepaya. Cukup siapkan dua lembar daun muda segar, cuci bersih dan potong kecil sesuai selera. Karena daun pepaya juga terasa pahit di lidah, oleh karena itu gunakan teknik penghilang rasa pahit. Nantinya daun ditumis ke wajan bersamaan dengan bunga pepaya. Selamat mencoba Resep Tumis Bunga Pepaya Tanpa Rasa Pahit Di Lidah, semoga berhasil.

0 Response to "Resep Tumis Bunga Pepaya Enak Tanpa Rasa Pahit Di Lidah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel