Resep Nastar Keju Ala NY LIEM. Dijamin Lembut & Lumer Di Mulut


Popularitas kue nastar begitu menggema di seluruh pelosok Indonesia, bahkan menjadi cemilan wajib ketika perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri, Natal dan Imlek. Kue kering berasal dari zaman penjajahan Belanda itu sudah menyatu kuat dengan kebudayaan nusantara, malahan hampir semua rumah bisa membuat sendiri.

Proses pembuatan nastar memakan waktu cukup singkat, apalagi hanya mengusung campuran adonan dari telur, mentega dan tepung terigu. Kegurihan kue ini terletak di bagian isi, yakni selai dari buah nanas. Tak heran orang Belanda tempo dulu menyebutnya nastar, berasal dari dua bahasa yakni ananas dan taart. Resep sudah turun-menurun dan mengalami 'modifikasi' sesuai selera.

Ada banyak jenis kue nastar, salah satu paling digemari dan sering banjir pesanan yaitu nastar keju ala NY LIEM. Rasa asin keju membuat kue kering bertambah gurih dan lembut ketika digigit, belum lagi aroma wangi semakin menggoda untuk mencicipinya. Tertarik menjajal resep kue nastar keju? Siapkan 'empat bahan utama' berikut ini!

Bahan A:
100 gram butter
50 gram margarin
60 gram gula kastor
2 kuning telur
1 putih telur

Bahan B:
150 gram keju parmesan

Bahan C:
25 gram susu bubuk full cream
300 gram tepung terigu protein sedang

Bahan D:
3 kuning telur (kocok rata)
Keju cheddar parut memanjang

Isi: selai nanas buatan sendiri

Cara Membuat :
  1. Campur dan kocok bahan A hingga rata dan mengembang, masukkan bahan B, kocok sebentar hingga rata.
  2. Masukkan bahan C sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan dengan memakai sendok kayu.
  3. Bulatkan adonan, beri isian selai nanas yang sebelumnya sudah dibulatkan. Tata di loyang yang telah dioles tipis margarin. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Olesi kuning telur dan taburi dengan keju cheddar parut.
  5. Oven dengan suhu 150'C selama kurang lebih 15-20 menit hingga matang kecoklatan.
  6. Dinginkan di atas cooling rack dan masukkan ke dalam wadah kedap udara. 

Bahan B pada Resep Nastar Keju di atas boleh memakai keju parmesan utuh dimana menghasilkan rasa keju jauh lebih tajam. Akan tetapi boleh melakukan modifikasi dengan mencampurkan keju parmesan dan keju cheddar parut halus, dimana masing-masing komposisi 100 gram dan 50 gram. Sementara bahan C, yakni susu bubuk dan tepung terigu, perlu dicampur merata lalu ayak.

Resep Nastar Keju pada artikel ini mengandalkan selai nanas homemade alias buatan rumah. Tidak sulit membuatnya, banyak panduan singkat yang mudah diikuti. Jangan pernah memakai selai nanas pabrikan, biasanya sudah diberi gula buatan dan zat pengawet sehingga menghasilkan rasa aneh di lidah. Jika ingin eksperimen, silahkan saja memakai selai buah lain.

Selamat mencoba yaa..
Silahkan share resep ini jika dirasa bermanfaat :)

Resep:catatan-nina.blogspot.co.id

1 Response to "Resep Nastar Keju Ala NY LIEM. Dijamin Lembut & Lumer Di Mulut"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel