Resep Kue Lapis Legit, Cita Rasa Campuran Belanda-Indonesia


Resep Kue Lapis Legit - Indonesia punya banyak resep kue tradisional yang diwarisi turun-menurun, tetapi beberapa di antaranya merupakan hasil turunan yang terinspirasi dari negara lain. Kue lapis legit sudah tak terdengar asing di telinga masyarakat, apalagi terkenal lezat dan rasa khas menggoyang lidah. Akan tetapi kue ini justru berasal dari pengaruh kuat zaman penjajahan Belanda.

Resep kue lapis legit saat ini merupakan hasil modifikasi atau percampuran antara ide kuliner nusantara dengan Belanda. Nama aslinya adalah spekkoek atau spekuk (jika diucapan lidah Indonesia). Tak jauh berbeda dari resep versi original, kue ini tetap mengandalkan campuran adonan tepung dan telur. Masyarakat Eropa sangat sangat gemar menyantapnya karena memakai berbagai jenis rempah-rempah.

Masyarakat Indonesia mengubah resep kue lapis legit dengan memakai beragam jenis rempah-rempah lokal sehingga cita rasa jauh lebih istimewa. Pemakaian kapulaga, cengkih, kayu manis dan adas manis sudah tak bisa dipisahkan dari resep ala nusantara. Tak heran jika kue ini menghasilkan aroma menggoda selera makan yang bikin ketagihan meski sekali gigit.

Resep Kue Lapis Legit pada umumnya menghasilkan tumpukan 'roti' berlapis-lapis dengan dominasi dua warna, yakni kuning dan coklat. Beberapa orang melakukan modifikasi dengan mengubah warna sesuai selera seperti hijau dan coklat. Kue bisa disajikan polos tanpa sentuhan apapun, namun ada pula yang mempercantik tampilan layaknya kue tart ulang tahun atau acara tertentu.

Bahan-bahan:
  • 350 gram gula pasir halus
  • 100 gram tepung terigu
  • 30 butir telur ayam, ambil kuningnya saja
  • 1 sendok makan bumbu lapis legit (spekkoek)
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 kilogram Mentega Butter 
  • 1/4 Kaleng susu kental manis

Cara Membuat:
  1. Campurkan tepung terigu dengan 1 sendok makan spekkoek, ayak dan sisihkan.
  2. Siapkan loyang bujur sangkar uk. 22 x 22 cm, alas dengan kertas minyak lalu oles pakai mentega dan taburi tepung dan sisihkan.
  3. Kocok mentega butter dengan bantuan mixer sampai mengembang (warna lebih muda), campurkan susu kental manis lalu aduk rata,dan sisihkan.
  4. Di tempat terpisah, kocok gula pasir halus, kuning telur dan vanili sampai mengembang dan masukkan sedikit demi sedikit adonan mentega sambil terus diaduk lalu tambahkan tepung terigu dari point 1 diatas dan aduk hingga rata.
  5. Siapkan open hingga suhunya 160 derajat.
  6. Sementara itu ambil 4 sendok makan adonan ke loyang yang sudah dipersiapkan, ratakan hingga membuat satu lapisan kue.
  7. Panggang menggunakan api kecil, gunakan api dari atas hingga berwarna kecoklatan.
  8. Keluarkan dari pemanggang dan olesi dengan sedikit mentega, ulangi langkah diatas hingga membentuk lapisan baru, teruskan sampai adonan habis.
  9. Pada adonan terakhir, panggang dengan api atas bawah sekitar 10 menit sampai matangnya merata. lalu Angkat dan dinginkan.

Menjajal Resep Kue Lapis Legit butuh tingkat kesabaran tinggi. Mengapa? Proses pembuatan begitu lama, seorang pemula mungkin butuh waktu sekitar 2-3 jam. Walaupun melihat langkah-langkah di atas tampaknya berjalan mudah, namun membentuk puluhan lapisan bukan pekerjaan gampang jika terhambat skill dan tak ada bantuan dari orang lain.

Sementara itu mengenai penggunaan 1/2 kilogram mentega-butter, boleh digantikan campuran antara mentega-margarin dengan komposisi 300 gram dan 200 gram. Selain menggunakan bumbu lapis legit, sebenarnya bisa meramu sendiri rempah-rempah. Akan tetapi ini tak disarankan sama sekali karena memakan waktu lebih lama, namun racikan sendiri tentu punya ciri khas tertentu. Lakukan modifikasi warna jika bosan dengan tampilan klasik kuning-coklat.

0 Response to "Resep Kue Lapis Legit, Cita Rasa Campuran Belanda-Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel